Rock Thok!

Kalender Rock Thok! Bulan Mei.

3 Mei:

2006 – Aktris Film Baywatch, Donna D’Errico menuntut cerai bassis Motley Crue, Nikki Sixx, setelah terjadi perselisihan yang tidak bisa disatukan lagi.

2006 – Metallica wannabe asal Boston, Godsmack menduduki puncak tangga album US dengan album keempat mereka berjudul IV.

2004 – Pengadilan Tinggi Amerika Serikat menolak tuntutan yang diajukan dua musisi bassis Robert Daisley dan drummer Lee Kerslake atas kepemilikan royalti atas album Ozzy Osbourne, Blizzard of Ozz dan Diary of a Madman. Tuntutan yang diajukan sejak 1997 ini menurut Sharon Osbourne, manager sekaligus istri Ozzy, tidak kuat karena mereka telah melecehkan dan berbuat kasar kepada keluarganya. Kontribusi keduanya telah dihilangkan dari album tersebut karena tindakan mereka yang abusive dan unjust behaviour.

2002 – Keyboardis Gravity Kills, Doug Firley menjatuhkan keyboard diatas tangannya, menghancurkan jari manis kanannya ketika mengadakan konser di Allentown, Pa.

2000 – Metallica mengirimkan lebih dari 60.000 halaman berisi informasi lebih dari 1,4 juta pelanggaran hak cipta atas 95 lagu dan album Metallica yang dilakukan oleh 335.435 user Napster, kepada kantor Napster di San Mateo, California.

1986 – Robert Palmer menduduki puncak jawara tangga lagu US dengan “Addicted To Love”, yang juga menduduki posisi 5 di UK. Palmer pertama kali mereka lagu tersebut bersama Chaka Khan, namun karena bermasalah dengan kontrak, suara Chaka dihilangkan.

1980 – Bob Seger & The Silver Bullet Band memulai menduduki tangga album US selama enam minggu dengan album Against The Wind.

1978 – Konser pertama dari 12 jadwal yang direncanakan The Climax Blues Band dalam mendampingi Dire Straits.

1976 – David Bowie tampil di malam pertama dari enam konser larisnya di Wembley, konser perdananya di UK dalam tiga tahun terakhir; sementara Paul McCartney tampil perdana di panggung US setelah satu dekade dalam tour Wings Over America yang dibuka di Ft. Worth, Texas.

1975 – Chicago memulai dua minggunya di puncak tangga album US dengan album Chicago VIII, album hits ketiga mereka di US.

1968 – The Jimi Hendrix Experience merekam “Voodoo Chile”. Lagu ini muncul dalam dobel album Electric Ladyland dan menjadi single hits di UK pada 21 November 1970, dua bulan setelah sang gitaris meninggal.

1965 – The Beatles menghabiskan waktu syuting film Help! di Salisbury Plain bersama Angkatan Darat Inggris, Third Tank Division.

Yang Berulang Tahun:

Josey Scott – Saliva – 1972
Simon Smith – The Wedding Present – 1965
Steve Jones – Sex Pistols – 1955
Bruce Hall – REO Speedwagon – 1953
Christopher Cross (Christopher Geppert) – 1951
Mary Hopkin – 1950
John Richardson – The Rubettes – 1948
Pete Staples – The Troggs – 1944
Frankie Valli (Frank Castelluccio) – 1937
James Brown – 1928
Pete Seeger – 1919

2 Mei:

  • 2008 – Chad Kroeger dilarang mengendarai kendaraan selama setahun setelah terbukti sedang mabuk ketika berkendaraan di Vancouver, Kanada. Vokalis Nickelback berusia 33 tahun tersebut melewati batas normal kadar alkohol dalam darah hampir dua kali lipat ketika diberhentikan oleh polisi pada saat dia mengendarai Lamborghininya.
  • 2007 – Hampir 2.000 musisi berkumpul di kota Wroclaw Polandia untuk memainkan sebuah rock anthem dari Jimi Hendrix. Para musisi tersebut sedang mencoba memecahkan rekor dalam Guinness World Record dengan mengumpulkan 1876 gitaris di sebuah market square untuk memainkan lagu “Hey Joe”. Event organiser menyatakan bahwa acara ini adalah pagelaran gitar terbesar sepanjang sejarah.
  • 2006 – Gitaris The Rolling Stones, Keith Richards keluar dari rumah sakit di New Zealand karena menderita gegar otak ringan setelah terjatuh dari pohon kelapa ketika berlibur di Fiji. Gitaris berusia 62 tahun ini langsung diterbangkan ke Ascot Hospital Auckland untuk diperiksa, termasuk dipindai otaknya.
  • 2005 – Vokalis Linkin Park, Chester Bennington menceraikan istrinya setelah 9 tahun pernikahan mereka. Pasangan tersebut mengaku perbedaan yang sulit untuk disatukan menjadi penyebab perceraian tersebut; sementara itu Eric Clapton bergabung dengan para personil Cream, drummer Ginger Baker dan bassis Jack Bruce setelah 36 tahun berpisah. Clapton tampil di malam pertama dari 4 malam yang direncanakan di Royal Albert Hall, London. Dengan tiket seharga £500 di eBay para fans dari Amerika rela terbang ke Inggris untuk menyaksikan reuni tersebut. Clapton yang saat itu berusia 60 tahun harus menyetujui untuk bergabung karena mantan personil yang lain tak bisa hadir karena masalah kesehatan.
  • 2004 – The Cure dan Flaming Lips menutup pagelaran tahunan Coachella Festival di California. The Flaming Lips harus mempercepat penampilan mereka karena vokalis Wayne Coyne tidak bisa masuk dalam gelembung raksasa yang menjadi bagian dari performance mereka; sementara itu majalah Total Guitar menobatkan lagu milik Guns N’ Roses, “Sweet Child O’ Mine” sebagai the greatest guitar riff ever mengungguli “Smells Like Teen Spirit” milik Nirvana, “Whole Lotta Love” dari Led Zeppelin diurutan ketiga, diikuti “Smoke On The Water” milik Deep Purple. 
  • 2003 – Kings Of Leon tampil di konser perdananya di Inggris, tepatnya di The Empress Ballroom, Blackpool.
  • 2000 – Metallica menggelar chat online bersama para penggemarnya soal Napster. Mereka juga menyerahkan daftar 300.000 pengguna Napster kepada Napster meminta untuk segera menghentikan layanan file-sharing tersebut.
  • 1998 – Mantan gitaris X-Japan, Hide bunuh diri di Tokyo di usia 33 tahun. Hide, yang bernama asli Hideto Matsumoto, ditemukan tergantung di kondominiumnya dan meninggal sesaat setelah dibawa ke rumah sakit.
  • 1994 – Eric Clapton memainkan lagu-lagu dari album blues terbarunya, From The Cradle, di sebuah konser amal di New York. Album ini adalah kelanjutan dari album yang terjual jutaan keping, Unplugged. Beberapa hari kemudian di World Music Awards, dia mendapatkan penghargaan sebagai World’s Best-Selling Rock Artist of the Year, dan Best-Selling British Recording Artist of the Year.
  • 1992 – The Cure meraih posisi jawara untuk pertama kali di tangga album UK dengan album Wish, album kelimabelas mereka, yang berisi salah satu hits mereka “Friday I’m In Love”.
  • 1992 – Band yang kurang terkenal dari Inggris bernama Nirvana menuntut band asal Amerika bernama sama. Band beranggotakan dua musisi ini mengaku telah memakai nama Nirvana sejak tahun 1968. Perselisihan diselesaikan pengadilan dengan memenangkan gugatan band asal Inggris tersebut.
  • 1991 – Nirvana membooking Sound City Studios di Van Nuys, California selama 16 hari. Dengan dana $65.000 bersama Butch Vig mereka mulai merekam album yang kemudian diberi judul Nevermind; sementara itu video “Losing My Religion” milik band R.E.M. dilarang diputar di Irlandia penggambaran religi dalam video tersebut tidak layak untuk disiarkan; dan Extreme tampil di The Marquee Club, di London.
  • 1980 – Afrika Selatan menolak memutar lagu Pink Floyd, “Another Brick in the Wall, Part II,” karena lagu tersebut dianggap ‘mengancam keamanan negara’.
  • 1979 – The Who tampil untuk pertama kali sejak kematian drummer Keith Moon di Rainbow Theatre, dengan merekrut Kenny Jones pada drums.
  • 1977 – Eric Clapton merekam “Wonderful Tonight.”
  • 1972 – Les Harvey, gitaris Stone the Crows, tersengat aliran listrik setelah menyentuh sebuah microphone rusak di atas panggung Swansea, Wales. Harvey terlempar ke udara dan kemudian meninggal di rumah sakit.
  • 1969 – Pink Floyd merekam konser lain untuk album Ummagumma, kali ini berlangsung di Chamber, Commerce Manchester, Inggris.
  • 1967 – Capitol Records mengumumkan bahwa The Beach Boys telah meninggalkan sesi rekaman mereka untuk album Smile. Album ini kemudian terkenal karena tidak pernah dirilis di sejarah musik pop.
  • 1965 – Meskipun dia pernah bersumpah untuk tidak mengijinkan lagi The Rolling Stones tampil di acaranya, Ed Sullivan melanggar sendiri sumpahnya dengan mengundang the Stones untuk kedua kalinya. Untuk menjaga segala kericuhan yang mungkin ditimbulkan oleh para penggemarnya, the Stones dikunci dalam studio seharian. Mereka tampil menyanyikan “The Last Time”, “Little Red Rooster”, “Everybody Needs Somebody”, dan “2120 South Michigan Avenue”.
  • 1964 – Di awal karirnya, album perdana The Rolling Stones dengan judul sama menggeser album the Beatles With the Beatles dari puncak tangga album UK. Manajer Stones, Andrew Oldham dengan cerdik menanggalkan nama band dari cover album, sebuah rekor tercatat. Di Amerika, album The Beatles The Beatles’ Second Album langsung menduduki jawara setelah dua minggu dirilis, merupakan album pertama yang mampu melakukannya.
  • 1959 – Album Buddy Holly Story masuk tangga album UK.
  • 1957 – Elvis Presley merekam “Jailhouse Rock” di MGM, Culver City, California.

Yang Berulang tahun:

Prescott Niles – The Knack – 1954

Lou Gramm – Foreigner – 1950

Lesley Gore – 1946

Bob Henrit – Argent – 1946

Goldy McJohn – Steppenwolf – 1945

Hilton Valentine – Animals – 1943

1 Mei:

  • 2005 – Penampilan dari band-band ternama dunia menjadi puncak pagelaran Coachella Valley Music & Arts Festival keenam di Empire Polo Field Indio, California. Sekitar 50.000 penonton memadati kota gurun tersebut selama dua hari, yang menampilkan Coldplay dan Nine Inch Nails, New Order, The Bravery dan Mos Def ditambah dengan penampilan langka grup Bauhaus, Gang Of Four dan duo-hip hop Black Star; sementara album Bruce Springsteen Devils & Dust menduduki puncak tangga lagu di U.K. di minggu pertama setelah dirilis. Tony Christie yang menyanyikan lagu Paul Anka “(Is This the Way to) Amarillo” menduduki puncak tangga lagu selama tujuh minggu.
  • 2004 – Sebanyak 50.000 penonton memadati perayaan Coachella Valley Music & Arts Festival kelima di Indio, California, dengan bintang utama Radiohead dan the Cure.
  • 2001 – DVD pertama Pearl Jam Touring Band 2000 dirilis. DVD berdurasi tiga jam tersebut berisi 28 lagu live yang direkam di beberapa konser selama tahun 2000 di Amerika.
  • 1999 – Sebuah pameran lukisan milik Paul McCartney, termasuk sebuah portrait dari David Bowie, dibuka di Siegen, Jerman.
  • 1998 – Columbia Records meluncurkan karya Jeff Buckley, “Sketches for ‘My Sweetheart, The Drunk'” secara keseluruhan pada online hearing di Website, termasuk “Gunshot Glitter”, sebuah lagu yang hanya ada di edisi internasional.
  • 1995 – Album grup Live Throwing Copper berhasil menembus tangga album Chart Toppers tepat setahun setelah dirilis.
  • 1993 – Supermodel Naomi Campbell mengumumkan pertunangannya dengan bassis U2, Adam Clayton. Pasangan tersebut kemudian bubar.
  • 1990 – Penyanyi internasional Sergio Franchi, yang telah merekam 25 album dan memenangkan sebuah penghargaan Tony karena perannya dalam drama musikal Broadway, Nine, meninggal di kediamannya di Connecticut karena menderita kanker.
  • 1988 – Billy Joel dibebaskan dari tuntutan setelah menyebut penulis lagu Jack Powers, yang menuntutnya karena plagiarism, dengan sebutan “creep” dalam sebuah wawancara dengan majalah Playboy.
  • 1986 – The Rolling Stones merekam video “One Hit to the Body”, dimana gitaris Mick Jones dan Keith Richards saling melampiaskan frustasi dengan melempar gitar masing-masing selama solo.
  • 1984 – Mick Fleetwood dari Fleetwood Mac mengalami kebangkrutan. 
  • 1977 – The Clash memulai tour perdana mereka di Inggris, tepatnya di Roxy, London.
  • 1975 – Dalam sebuah publikasi yang paling menakjubkan, The Rolling Stones mengumumkan Tour of the Americas dengan memainkan “Brown Sugar” di sebuah bak truk di Fifth Avenue, Manhattan.
  • 1973 – Bachman-Turner Overdrive merilis album perdana mereka dengan judul sama.
  • 1972 – Paul Simon merilis album solo perdananya dengan judul sama, yang memuat hit single “Mother and Child Reunion”.
  • 1970 – Di New York, Bob Dylan melakukan rekaman bersama George Harrison. Keduanya coba-coba lagu seperti “Yesterday” milik The Beatles, “Just Like Tom Thumb’s Blues” milik Dylan dan “Da Doo Ron Ron”.
  • 1969 – Rekaman video Bob Dylan dan Johnny Cash muncul di TV ABC. Mereka memainkan lagu Dylan berjudul “I Threw It All Away”, “Living the Blues” dan “Girl From the North Country”; sementara Neil Young merilis album Everybody Knows This Is Nowhere; Jimi Hendrix ditangkap karena kepemilikan narkotika di bandara Toronto Airport. Dia dibebaskan setelah membayar tebusan US $10,000.
  • 1967 – Elvis Presley menikahi Priscilla Beaulieu.
  • 1966 – The Beatles tampil untuk terakhir kalinya untuk penggemarnya di Inggris di NME Poll Winners’ Party.
  • 1956 – “Heartbreak Hotel” milik Elvis Presley berhasil menduduki jawara tangga lagu Chart Toppers.

Yang Berulang tahun:

Ray Parker Jr. – “Ghostbusters” -1954

Judy Collins -1939

Titus Turner – 1933

=====================================================

Arsip Rock Thok!

=====================================================

Iklan