Reloaded

Fenomena tribute / recycle / cover version di dunia rock & metal

Untuk edisi kali ini saya ingin menyampaikan beberapa lagu hits klasik yang menjadi favorit saya, namun baru saya ketahui setelah lagu ini dibawakan ulang oleh artis lain.

Little Wing:

  • Song Info:
    1. Lagu ini ditulis oleh Jimi Hendrix pada tahun 1967 dan dirilis dalam album Axis: Bold As Love, kemudian dirilis dalam kompilasi The Ultimate Experience (1993) dan The Jimi Hendrix Experience serta Guitar Hero World Tour (2008).
    2. Versi studio dai lagu ini menampilkan permainan glockenspiel atau orchestral bells, sebuah alat pukul yang mirip dengan xylophone, namun dengan bahan logam, sehingga disebut juga metallophone. Alat ini menghasilkan suara seperti piano namun nada dan picth yang dihasilkan lebih tinggi. Suara solo flanging di lagu ini memakai teknik Efek Doppler, yaitu efek yang dihasilkan oleh rangkaian speaker cabinet yang disusun melingkar, ditambah teknik permainan chord/solo Hendrix yang unik.
      • Recycle: lagu ini pernah dimainkan oleh banyak artis seperti
      1. Derek and the Dominoes, 2 Cows in a Field, Joe Satriani, Monte Montgomery, Eric Clapton & Sheryl Crow, Kirk Hammett (Metallica), Pearl Jam, Sting, John Mayer, Skid Row, The Corrs (feat Ron Wood), Toto, Tak Matsumoto, Socrates, John Petrucci (Dream Theater), Concrete Blonde, G3 (Yngwie Malmsteen, Steve Vai, Joe Satriani) dan  Stevie Ray Vaughan yang meraih penghargaan Grammy untuk kategori Best Rock Instrumental Performance (1992), dan masih banyak lagi.
      2. Pilihan penulis: versi Skid Row
        Iklan