Rumor Reuni Led Zeppelin

Led Zeppelin

Led Zeppelin

Led Zeppelin

Salah satu fenomena yang marak muncul di pertengahan dekade 2000 adalah banyaknya kabar reuni beberapa band besar. Salah satunya adalah band rock ‘n roll legendaris Led Zeppelin.

Pada Desember 2007 lalu sesuatu yang dipercaya mustahil, akhirnya terjadi juga. Para personil Led Zeppelin menggelar reuni dengan konser semalam di 02 Arena, London, dengan menggandeng putra sang legendaris drummer John Bonham, Jason Bonham. Sejak mereka berkumpul kembali untuk menghormati mendiang Ehmet Ertegun, pendiri Atlantic Records, muncul berbagai spekulasi tentang akan bersatunya kembali Robert Plant, Jimmy Page dan John Paul Jones mengusung kejayaan Led Zeppelin. Namun kesuksesan konser semalam itu tidak ditindaklanjuti oleh Plant yang sibuk dengan proyek penggarapan album dan promo tour bersama Allison Krauss sampai akhir musim gugur 2008. Kabar terakhir menyatakan, bahwa Plant tidak tertarik untuk bergabung dengan rencana reuni tersebut. Tour dengan nama Led Zeppelin tanpa John Bonham dan Robert Plant?

Beberapa minggu yang lalu Jones menyatakan kepada BBC bahwa mereka berharap diselenggarakannya sebuah tour promo untuk album baru dan saat ini mereka sedang mencari siapa pengganti Plant. Mereka mencari yang paling sesuai, namun tidak bermaksud meniru apa yang telah dilakukan Plant, ataupun ingin mengulang musik yang sama dengan masa lalu Zeppelin. “There’s no point in just finding another Robert,” Bonham menambahkan, “You could get that out of a tribute band, but we don’t want to be our own tribute band.”

Beberapa kandidat yang dicoba untuk menggantikan posisi Plant adalah penyanyi Alter Bridge, Myles Kennedy. Gosip yang menyatakan bahwa dia adalah pilihan pertama, dibenarkan beberapa minggu sebelumnya oleh pentolan Twister Sister, Dee Snider yang juga satu manajemen dengan Plant. Beberapa nama yang juga muncul adalah pentolan Aerosmith Steven Tyler, Chris Cornell ( Soundgarden dan Audioslave), Dave Grohl (Foo Fighters), mantan penyanyi Van Halen Sammy Hagar, dan Jack White (The White Stripes dan The Raconteurs).

Belum lama ini, gitaris Aerosmith, Brad Whitford, mengakui bahwa Tyler sedang berada di Inggris bersama para personil Led Zeppelin, namun, mereka hanya melakukan jam session, dan menurutnya, Page hanya mencoba-coba sesuatu yang baru tanpa Plant. Sementara Cornell menyatakan kepada MTV bahwa dia belum diminta untuk menggantikan Plant dalam tour mereka mendatang, namun tidak menutup kemungkinan tawaran tersebut akan diterimanya. Lebih jauh lagi, dia malah lebih tertarik mengisi posisi Page pada tour yang digelar Allison dan Plant.

Grohl bergabung dengan Page dan Jones ketika Foo Fighters tampil di Wembley Stadium pada musim panas lalu, dan membawakan beberapa lagu Led Zeppelin sebagai encore. Hagar membentuk sebuah band baru dengan nama sementara Chickenfoot, bersama virtuoso gitaris Joe Satriani, mantan bassis Van Halen Michael Anthony, dan drummer Red Hot Chili Peppers, Chad Smith. Promotor Harvey Goldsmith, yang sukses menggelar konser semalam tersebut menyatakan, tour Led Zeppelin tanpa Plant adalah ‘buang-buang waktu’. Dia menambahkan bahwa dia ragu mereka akan mengusung nama Led Zeppelin tanpa Plant sebagai penyanyi, kecuali mereka memang punya alasan yang kuat, atau sebaiknya mereka tidak melakukannya sama sekali.

Untuk memahami situasi diatas, ada baiknya kita kilas balik perjalanan rencana reuni ini.

Pada Januari 2008, Page menyatakan tidak keberatan dengan rencana reuni ini tapi dia menegaskan bahwa tidak akan ada perkembangan lebih lanjut sebelum Plant menyelesaikan proyek terakhirnya bersama Allison. “Usaha yang dicurahkan untuk pertunjukkan di 02 Arena, baik latihan ataupun sewaktu tampil dipanggung adalah usaha yang sama untuk sebuah tour keliling dunia”. Page juga menyatakan kepada pers di Jepang, “Kami menganggap apa yang telah kami lakukan adalah hal yang serius, dan sekaligus menyenangkan. Kami bekerja keras melatih lagu-lagu yang akan ditampilkan, dan itu sangat fantastis. Setiap minggu adalah hari-hari yang menarik untuk disambut.”

Pada Mei 2008, David Coverdale, pentolan band Whitesnakes yang juga sahabat Page memanaskan rumor dengan gayanya yang sedikit eksentrik, bahwa reuni Led Zeppelin ‘sangat mungkin terjadi’. Dan dia berharap mendapatkan ajakan Page sebagai band pembuka tour reuni ini.

Pada Agustus 2008, Bonham bicara di sebuah radio di Detroit bahwa mereka melakukan jam session dan merekam musik baru dengan Page dan Jones. Akhir September lalu, rupanya Plant cukup jengah dengan spekulasi yang ada. Di akhir tournya bersama Allison, Plant menyatakan di website pribadinya bahwa dia tidak ada niatan untuk tour bersama dua koleganya setidaknya selama dua tahun mendatang. “It’s both frustrating and ridiculous for this story to continue to rear its head when all the musicians that surround the story are keen to get on with their individual projects and move forward, I wish Jimmy Page, John Paul Jones and Jason Bonham nothing but success with any future projects.”

Pernyataan Plant diatas sekali lagi menegaskan tidak akan terjadinya reuni Led Zeppelin dan kembali mengingatkan kita akan rumor terakhir apakah Jimmy Page, John Paul Jones dan Jason Bonham akan menggandeng vokalis baru untuk proyek mereka mendatang dengan tetap mengusung nama Led Zeppelin?

Jawabannya: Mungkin. Tapi akan sangat disayangkan kalau mereka tour tanpa Plant, seperti yang pernah disebutkan, kalau mereka mengusung nama lain, mungkin sebagian besar penggemar Zeppelin tidak akan menggagap sebagai sebuah masalah, karena Riders on the Storm (yang terdiri dari para mantan personil The Doors) telah membuktikannya.

To qualify there must be enough key living members for a reunion to be feasible.

(Zeppelin without Bonham would qualify, but the Beatles without John Lennon and George Harrison won’t.)

Iklan