Riot Era ‘Thundersteel’ Reuni Untuk Album Baru

Thundersteel (1988)

Thundersteel (1988)

Formasi band Riot era album Thundersteel (1988) bergabung kembali dan telah merencanakan untuk keliling Eropa musim panas mendatang. Mereka juga tengah mempersiapkan album studio terbaru mereka setelah 20 tahun. Pada sesi pertama penggarapan lagu, hadir Mark Reale dan Mike Flyntz kemudian disusul oleh Don Van Stavern dan Bobby Jarzombek, mereka berkumpul di San Antonio, Texas dimana sebagian besar lagu-lagu Riot ditulis disana, termasuk album The Privilege of Power. “Berkumpul dalam satu ruangan untuk menulis musik bukanlah hal yang sulit bagi kami, chemistry bisa kembali secara instant ketika kami duduk bersama,” tegas Mark. Materi baru yang ditulisnya bersama Bobby tidak jauh dari apa yang ada di album Thundersteel dan The Privilege of Power, masih berada di jalur yang sama, hanya lebih intens.

Mereka merencanakan selusin demo untuk kemudian akan diisi vokal oleh Tony Moore, dan Mark menggarap lirik serta melodinya. Tony berkomentar, “Don, Bobby, Mark dan Mike telah mengirimkan beberapa instrumental yang sangat menantang dan kaya nuansa, dan saya berlatih siang dan malam untuk melatih vokal the Voice of Steel.” Tony juga sedang mencoba menggali cerita yang menarik yang bisa menjadi inspirasi untuk bisa menyatu dengan musiknya. Album ini rencananya akan direkam selama musim panas, dan sesi penggarapan lagu akan direkam untuk mendapatkan footage clip. Sebagai awal, mereka membuka Youtube channel dan memasang live langka lagu “Fight Or Fall” yang direkam saat mereka tour di Tokyo pada tahun 1989.

Riot didirikan oleh Mark Reale pada tahun 1975 di New York, bersama Peter Bitelli (drums) kemudian merekrut Phil Fiet (bass) dan Guy Speranza (vocals) dan sambil menunggu deal dengan label, mereka merekrut Steve Costello (keyboards). Debut mereka Rock City (1977) dirilis dibawah komando produser Billy Arnell dan Steve Loeb, yang juga pemilik Greene Street Recording Studio dan indie label Fire-Sign Records. Awal perjalanan karir musik Riot tidaklah mulus, pergantian personil dan masalah dengan label menjadi awal perpecahan band. Ditambah lagi Speranza tidak bisa berkomitmen karena pandangan religiusnya, akhirnya digantikan oleh Rhett Forester yang kemudian meninggal tertembak pada saat terjadi perampokan di Atlanta pada tahun 1994. Sedangkan Speranza meninggal karena kanker pankreas pada tahun 2003. Riot era Thundersteel memutuskan bergabung pada 2008 silam, dengan merekrut gitaris Mike Flyntz.

Riot (2008)

Riot (2008)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s