Ronny Munroe Bicara Tentang Album ‘The Fire Within’

The Fire Within (2009)

The Fire Within (2009)

Pentolan band heavy metal Metal Church, Ronny Munroe baru-baru ini diwawancara seputar album solo terbarunya, The Fire Within , yang bakal dirilis 20 April mendatang via Rat Pack. Album yang berisi duabelas lagu ini ditulisnya beberapa tahun ke belakang, namun ada juga beberapa lagu baru, yang ditulis bersama Anthony Nichols dari band Meliah Rage yang menyumbangkan tiga lagu. Sisanya adalah lagu garapan gitaris  Rick Van Zandt. Dengan masih mengusung musik metal, melibatkan beberapa musisi ternama, seperti gitaris Michael Wilton dari Queensryche, Randy Cooper dari band hard rock Texas Hippie Coalition serta Kurdt Vanderhoof yang ikut menulis sebuah lagu yang juga bertindak sebagai engineer merangkap produser. Bersama Kurdt, Ronny yang juga bertindak sebagai co-produser, menginginkan sesuatu yang sedikit berbeda dari album Metal Church. Dia tidak ingin penggemarnya menganggap bahwa album ini adalah album Metal Church. Sedangkan artwork dikerjakan oleh teman lamanya Joel Price dari band My Disgrace, yang juga satu band dengan Rob Young, sahabat Ronny.

Mengenai judul album The Fire Within, Ronny mengungkapkan bahwa untuk mencapai level dia sekarang ini tidaklah mudah, dia telah bernyanyi selama hampir 30 tahun, mulai dari tribute band sampai band Top 40. Ronny memulai karirnya di kancah musik lokal di Seattle selama sebelas tahun sebelum menyerah karena keputusasaan, bahkan berbelok arah dengan bernyanyi untuk sebuah homeband club. The Fire Within sedikit banyak bercerita tentang hal tersebut seperti tertuang dalam lagu “Far”, “Desperate Man”, “Demon Opera” dan “Ride Me”, yang diibaratkan seperti api yang terus membara dalam jiwanya sebagai seorang musisi, menyampaikan pesan lewat lagu-lagunya, hasrat itu selalu ada, yang nampak jelas disuarakan juga dalam lagu “What You Choose To Call Hell (I Call Home)”. “It is just a burning desire and a lot of perseverance I guess. It is either perseverance or stupidity one of the two”, terangnya sambil tertawa. Ada juga sebuah lagu yang terinspirasi oleh lagu “Silver Mountain” dari Rainbow, yang dinyanyikan oleh Ronnie James Dio dan dikasih judul “Man On The Silver Mountain”. Sejak saat itu dia ingin menjadi vokalis karena terus terngiang oleh lagu tadi dan akan me-remake lagu tersebut jika nanti punya kesempatan untuk merilis album solo. Ronny sangat mengagumi seorang Dio. Mengenai kolaborasinya dengan gitaris Michael Wilton, karena kebetulan Michael tinggal di daerah Seattle, dan dia merasa terhormat bisa bekerja sama dengan musisi legendaris tersebut.

The Fire Within:

01. Far
02. What You Choose To Call Hell (I Call Home)
03. Deafening Hypocrisy
04. Rebuild The Ruins
05. Delirium
06. Demon Opera
07. Sea Of Souls
08. Desperate Man
09. Ivory Towers
10. Evil Genius
11. Ride Me
12. Man On The Silver Mountain

Ronny bakal berpartisipasi dalam festival Rocklahoma pada 11 Juli mendatang sebagai artis solo, sebelumnya pada tanggal 9 dia bakal tampil bersama Metal Church di panggung utama, bersama Anthrax dan Overkill. Promo tur bakal digelar untuk mensupport album ini, mulai dari Mei sampai Agustus mendatang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s