Lip-Synch In Rock: David Coverdale Vs Joe Lynn Turner

Say No to Lip-Synch in Rock

Say No to Lip-Synch in Rock

35 tahun yang lalu, ketika Pete Townsend (gitaris The Who) pertama kali tampil solo di Roundhouse London dengan bantuan rekaman tape (playback) untuk mengiringinya, mungkin sesuatu hal yang baru saat itu dan agak menggelitik, karena dia tidak membawa serta band pengiring. Dan tradisi semacam itu sampai sekarang masih ada, dan satu lagi yang dikenal dengan lip-synch, ketika seorang artis/sebuah grup band mempergunakan playback (sudah termasuk dengan lead vokal) untuk mengiringi performance mereka. Walau dalam kancah musik rock bisa dibilang tindakan yang ‘kurang pantas’ atau ‘tidak jantan’ untuk sebuah band rock/metal. Namun, yang satu ini agak menggelitik juga untuk disimak. Beberapa hari yang lalu, Joe Lynn Turner (Rainbow, Deep Purple, Yngwie Malmsteen) melakukan wawancara dengan sebuah majalah musik di Spanyol The Metal Circus, menyatakan bahwa pentolan Whitesnake, David Coverdale melakukan lip-synch (mempergunakan pre-recorded tapes) ketika perform dalam konsernya. Sontak saja berita ini membuat David kebakaran jenggot dan mencak-mencak serta menyebut Joe sebagai (maaf) ‘tukang sodomi gila’.

Dalam wawancaranya tersebut, Joe menyebutkan kejadian tersebut ditemuinya ketika dia bersama Graham Bonnet di Finlandia, pada Juni tahun lalu, tepatnya di festival Sauna Open Air, dimana Whitesnake juga berpartisipasi disana. Semua yang hadir di sana menyaksikan David mempergunakan rekaman live untuk untuk mengiringinya. Jika rekaman ini dipergunakan sebagai backing vokal, itu masih bisa dimaklumi, ketika tidak satupun personil band menjadi backing vokal. Joe menyatakan bahwa banyak saksi mata pada waktu itu dan ini bukan rumor. Joe sendiri mempergunakan sebuah alat DigiTech untuk membantunya sebagai backing vokal. Namun DigiTech ini bukanlah sample suara, setiap suara yang masuk ke sana akan diproses seperti apa adanya, hasilnya akan jelek jika dia menyanyi dengan jelek. To use tapes for a lead vocal… I can understand backgrounds, if the [rest of the bandmembers] don’t sing. But for lead?! You’ve gotta be kidding!”

Menanggapi hal tersebut, kepada majalah Classic Rock, David menyangkal melakukan hal tersebut, David juga membenarkan bahwa rumor ini tersebar luas di Jerman dan Spanyol tahun lalu, ketika mereka tur bersama Alice Cooper, dan mereka mempunyai seorang saksi, Frank Thiessis yang duduk di mixer FOH untuk mengkonfirmasi bahwa rumor tersebut tidak benar. Sampai-sampai label SPV (label Whitesnake) pun harus meminta Whitesnake mendatangkan saksi untuk membantah rumor tersebut. David juga mengaku masih berurusan dengan rumor bahwa dia akan bergabung dengan Van Halen, sejak musim panas tahun lalu. Dia juga tidak tahu harus berbuat apa, ketika rumor itu terus bergulir. Namun dia memastikan, “If this continues, I’ll get a some of my professional associates to make statements about this nonsense.”

It’s absolutely ridiculous, don’t you think?

Iklan

One response to “Lip-Synch In Rock: David Coverdale Vs Joe Lynn Turner

  1. menurut saya coverdale lebih kuat auranya… lynn turner is good… but coverdale is the best…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s