Kolaborasi Paul Gilbert Dalam ‘United States’

United States (2009)

United States (2009)

Bagaimana jadinya kalau Paul Gilbert berkolaborasi dengan Freddie Nelson? Maka anda harus mencoba album terbaru dari dua musisi asal Pittsburgh Pennsylvania ini, yang diberi judul United States. Album yang rencananya dirilis di Amerika Serikat pada 12 Mei mendatang ini, berisi 1o lagu baru yang ditulis dan diproduksi bersama selama musim panas 2008 silam. Namun, akhir tahun lalu, album sebenarnya sudah dirilis hanya di Jepang. Paul dan Freddie sebenarnya pernah bermain band bersama ketika masih di Pittsburgh, namun harus berpisah ketika Paul pindah ke Los Angeles, sampai mereka bertemu lagi dan melakukan kolaborasi.

Karakter suara Freddie, jika anda mendengarkan pertama kali, akan mengingatkan kita kepada vokalis legendaris Queen, Freddie Mercury. Sebelum bernyanyi, dia juga adalah seorang gitaris, serta merupakan penulis lagu dengan keunikannya sendiri. Sedangkan Paul, kita semua sudah sangat mengenal shredder yang dibesarkan oleh pengaruh The Beatles, The Who, Led Zeppelin dan Van Halen, serta dikenal luas setelah bergabung dengan band Racer X dan Mr. Big. Dua album instrumentalnya juga sangat brilian, Get Out Of My Yard dan Silence Followed By A Deafening Roar. Namun kali ini, Gilbert tidak akan banyak bernyanyi, dan karakter musiknya juga jauh dari karakter album solonya. Kita seperti kembali menikmati permainan gitar Paul seperti pada saat dia bersama Mr. Big. Memang anda akan banyak menemui permainan gitar Paul yang liar dan cepat, namun album ini lebih fokus kepada melodi lirik. Paul sepertinya sangat menikmati sound yang dihasilkan combo Marshall Vintage Modern. Dengan bantuan sang istri, Emi Gilbert dengan permainan keyboardnya yang menghasilkan nuansa natural dan ambient.

Tema dalam lagu “Paris Hilton Look-Alike” mengingatkan kita kepada salah satu lagu dalam solo album Paul Space Ship One, yaitu “Every Hot Girl Is A Rock Star”. Secara musikal, lagu ini berkarakter mendekati lagu-lagu Paul. Dan ini sangat bagus sebagai lagu pembuka, dan Freddie mengantarkannya dengan natural, falsetto yang tidak dipaksakan serta menunjukkan pengaruh Freddie Mercury dalam dirinya. Lagu “Waste of Time” lebih banyak mengusung melodi yang berat, tempo cepat, dan nuansa power rock yang kental, sedangkan “The Last Rock N’ Roll Star” mencoba menyuguhkan permainan riff dalam tempo 6/8 yang sedikit banyak mengingatkan kita kepada lagu Van Halen “Judgement Day”. Anda juga akan disuguhi permainan solo yang cepat dari Paul, yang sepertinya masih tersisa dari materi album instrumentalnya. Nuansa Aerosmith bisa anda jumpai di lagu “Bad Times Good”, sangat old-school rock. Lagu “Hideaway” juga mengingatkan kita kepada Space Ship One, dengan pemilihan chord yang tidak biasa dan sedikit atmosferik dalam chorus, serta nada vokal yang kontras dengan permainan riff Paul.

Selanjutnya anda akan menyukai “The Answer”, permainan intro 12-strings mengingatkan kita pada album Flying Dog, chorus bernuansa waltz dan satu lagi solo gitar yang sangat cepat. Harmonisasi vokal yang bagus bisa adan temui di lagu “I’m Free”, dengan dukungan permainan keyboard yang apik dan shredding Paul masih berada di puncak. Did I say shred? Just checkin’. Cos so far there’s lots of it. Lagu funky seperti dalam album Mr. Big Hey Man bisa anda dengar kan di lagu “Pulsar”, atau lebih mengingatkan kepada lagu “Interaction” dari album Space Ship One. Nuansa yang dibangun synthesizer dalam lagu “Girl From Omaha” dengan chorus ala Weezer mengingatkan kita pada debut solo Paul, King of Clubs. Sebagai lagu penutup “I’m Not Addicted”, sepertinya sangat pas. Menampilkan ADA Flanger sweep Paul yang terkenal itu, yang jarang sekali dia gunakan. Lagu yang sangat pas untuk berinteraksi dengan penggemar ketika tur nanti, dan mungkin sekedar impromptu jam session.

Album ini lebih mudah dicerna dan dinikmati pendengar awam ketimbang album-album instrumentalnya yang hanya bisa dinikmati oleh mereka yang mengerti teknik bermain musik. Album ini lebih kental dengan nuansa hard rock ketimbang album-album solonya namun tidak terlalu mainstream seperti Mr. Big serta tentunya masih menyuguhkan teknik permainan gitar yang menakjubkan.

United States:

1.The Last Rock’n Roll Star
2. Hideway
3. Waste of Time
4. Bad Times Good
5. Paris Hilton Look-alike
6. The Answer
7. I’m Free
8. Pulsar
9. Girl from Omaha
10. I’m Not Addicted

Paul Gilbert – guitars, bass vocals
Freddie Nelson – vocals, acoustic guitar
Emi Gilbert – keyboards, vocals
Matt Muckle – percussion

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s