Ketika Jimmy Page & Jeff Beck Disatukan

Jeff Beck & Jimmy Page (2009)

Jeff Beck & Jimmy Page (2009)

Jimmy Page memang jarang sekali tampil dipublik, namun gitaris band legendaris Led Zeppelin ini menyempatkan waktu luangnya untuk terbang ke Cleveland kemarin untuk menobatkan teman lama sekaligus mantan rekan satu bandnya semasa di The Yardbirds, Jeff Beck, untuk Rock N’ Roll Hall of Fame kategori solo artis. Dalam kesempatan ini Page berbicara tentang Beck dalam penobatan tersebut, “Dia sudah menjadi pelopor blueprint permainan gitar yang punya ciri khas tersendiri. Dia seorang yang memiliki keunikan tersendiri, yang banyak menginspirasi musisi-musisi dari generasi yang lebih muda. Tak ada yang menyamai apa yang telah ditorehkan Beck di dunia musik rock, dia telah menciptakan karakter permainan, sounds dan kekuatan sebuah gitar dalam instrumentasi gitar secara umum. ”

Dalam kesempatan ini, kedua gitaris gaek ini menyuguhkan kolaborasi yang tak kalah apik, yaitu  “Beck’s Bolero” (lagu ini adalah salah satu lagu yang digarap Beck bersama Page, John Paul Jones, Nicky Hopkins dan Keith Moon) dan satu lagu milik Zeppelin, “Immigrant Song”. Berkomentar tentang pertemanan keduanya, Page mengatakan, “Pertemuan kami awalnya karena musik dan sebagian besar karena musik waktu kami berumur 11 tahun. Kami memiliki ketertarikan yang sama, musik sudah menjadi sarapan kami dalam keseharian, dan akan selalu demikian. Kami berdua saling menghormati kemampuan masing-masing dan solo yang kami persembahkan. Mutual respect”. Dalam upacara penobatan tersebut, gitaris bernama asli Geoffrey Arnold “Jeff” Beck sempat berkelakar, “Someone told me I should be proud tonight…But I’m not, because they kicked me out. Fuck them!”, sambil tertawa. Page menjawab, “Bukan saya yang mengeluarkannya,” “tapi itu salahmu! Page tidak menyukai saya berada satu panggung dengannya,” Beck cepat menimpali. “Oh, bollocks…” Page dengan tenang menjawab.

Beck keluar dari Yardbirds pada tahun 1966, hanya 18 bulanbergabung dan menghasilkan satu album bersama The Yardbirds, Yardbirds aka Roger The Engineer (1966). Hanya beberapa bulan Page dan Beck berduet solo gitar, karena awalnya Page bergabung sebagai bassis, sampai Chris Dreja masuk.

Pada malam itu, Beck dan Page juga bergabung dengan Metallica, gitaris Aerosmith Joe Perry, gitaris Rolling Stones Ron Wood dan bassis Red Hot Chili Peppers Flea memainkan lagu the Yardbirds “Train Kept A Rollin’,” dan Beck juga ambil bagian dalam all-starjam dalam lagu milik Elvis Presley, “Jailhouse Rock.”

Jeff Beck & Jimmy Page dalam Rock N’ Roll Hall of Fame

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s