Tur Opeth Disponsori Pemerintah

Opeth (2009)

Opeth (2009)

Dalam rangka promo tur album terbaru Opeth Watershed di delapan kota besar dan kecil di Norwegia, Opeth bekerja sama dengan Rikskonsertene, sebuah organisasi yang dibiayai pemerintah setempat untuk penyelenggaraan event musik (biasanya) tradisional, klasik dan jazz. Pentolan Opeth, Mikael Åkerfeldt menyatakan perasaan bangga atas kerjasamanya dengan Rikskonsertene, dan menjadi salah satu tur paling sukses yang pernah digelar Rikskonsertene. Proyek bersama Opeth ini merupakan awal Rikskonsertene dalam merangkul genre pop dan rock.

Proyek Rikskonsertene ini memang dikhususkan untuk mengundang artis ternama untuk mengunjungi tempat-tempat terpencil di Norwegia yang agak sulit bagi seorang promotor menggelar konser karena keterbatasan dalam penyelenggaraan. Dan untuk memberi kesempatan kepada para pemuda dan pelajar di wilayah terpencil tersebut untuk bisa menyaksikan artis pujaan mereka. Mengenai Opeth, Rikskonsertene memang sudah lama memasukkannya dalam daftar mereka, ditambah dengan kesuksesan album Watershed.

Dalam persinggahannya di kota besar seperti Oslo, Ihsahn mantan pentolan band Emperor pun bergabung walau sedikit keteteran diawal konser, namun selanjutnya, dia memberikan penampilan terbaiknya. Di Kota Bergen, penonton tak kalah menakjubkan, di sebuah bar kecil, Grutle Kjellson vokalis Enslaved, dan King ov Hell bassis Gorgoroth tampil memukau sampai sang gitaris Fredrik Åkesson pun ‘tak kelihatan’…  Dengan digelarnya tur promo ini, semakin membantu mempromosikan Opeth terutama melalui wawancara media dan  liputan berita baik lokal maupun nasional. Album Watershed sempat menduduki posisi 7 tangga lagu di Norwegia pada tahun 2008 lalu dan terjual sekitar 3.500 keping.

Seandainya pemerintah Indonesia juga peduli dengan hal kecil semacam ini… kapan? Kapan-kapan!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s